04 Desember 2008

Soul

Jiwa adalah harta yang tiada ternilai mahalnya. Kesucian jiwa menyebabkan kejernihan diri, lahir dan batin. Itulah kekayaan sejati.

Hidup kita adalah pertempuran dan perjuangan belaka. Orang yang takut menghadapi kehidupan dan tidak berani menggosok dan mensucikan bathinnya, tidak akan kenal arti lezat.

Belum ada kekayaan yang dicapai oleh seseorang yang tidak menempuh kesulitan. Seorang pahlawan, mencapai titel pahlawan itu dengan darah dan pedang, begitu jg alim ulama dan lainnya,kelihatannya mereka duduk disinggasana kemuliaan dgn senangnya, pdahal mereka mencapai itu dengan susah payah. Demikianlah mencapai kemuliaan bathin.

Mencari bahagia bukanlah dari luar diri, tetapi dari dalam. Kebahagiaan yang datang dari luar kerapkali hampa, palsu.

Kesenangan terletak diantara dua kesusahan, dan kesusahan terletak diantara dua kesenangan atau dalam senang itu telah tersimpan kesusahan, dan dalam kesusahan telah ada unsur kesenangan.

Disinilah nyata arti sebenarnya pada kekayaan dan kemiskinan. Orang yang paling kaya adalah yang paling sedikit keperluaannya, dan orang yang paling miskin adalah yang paling banyak keperluannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar